Bawaslu Agam Ajak Masyarakat Ikut Awasi Tahapan Pemilu, Lawan Politik Uang.

Lubuk Basung, Kabaranah.Com – Bawaslu Agam mengajak seluruh elemen masyarakat ikut berpatisipasi mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024.

“Masyarakat itu bukan objek, tapi ikut berperan aktif mengawasi seluruh tahapan. Pengawasan tidak bisa hanya oleh Bawaslu saja karena SDM yang terbatas,” kata Yuhendra, Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Agam.

Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat, Bawaslu Agam menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Keterlibatan Masyarakat dalam Mengawasi dan Melawan Politik Uang di Pemilu 2024 di Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Selasa (6/2/2024).

Menurut Yuhendra, selama ini banyak masyarakat yang beranggapan kalau pengawasan hanya dilakukan Bawaslu. 

“Masyarakat banyak yang tidak paham, padahal mereka juga punya hak untuk mengawasi,” ujarnya.

Dijelaskan Yuhendra, dalam seminggu ke depan akan ada tahapan-tahapan Pemilu krusial. Seperti pendistribusian logistik, masa tenang, hingga pencoblosan dan penghitungan suara.Sosialisasi itu diikuti 70 peserta dari organisasi masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pelajar.

“Kita rangkul semula elemen. Merka nanti menyampaikan ke lingkungan masing-masing,” katanya.

Pada kegiatan itu, Bawaslu Agam menghadirkan narasumber Wakil Dekan Fakultas Hukum Tamsis, Joni Zulhendra dan Dosen Fakultas Syariaah UIN Padang, Aidil Aulia.(001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *